Belajar blog, belajar SEO, belajar Internet, Tekhnologi, Internet dan komputer

Mendesain dengan Multimedia Genggam Jari (HP)

Share on :
PERKEMBANGAN teknologi telekomunikasi informasi sekarang ini begitu cepat, karena diaplikasikan untuk kebutuhan pasar konsumen yang luas. Dari telepon kabel menjadi telepon satelit atau seluler, dari satu fungsi menjadi multifungsi, dari model besar menjadi alat komunikasi genggam jari (fleksibel dan modem).
Multemedia genggam jari (Handfhone atau HP) dasawarsa sekarang semakin memasyarakat, karena harganya semakin terjangkau. penggunaannya dari pelajar sampai direktur, dari tukang sampai pedagan, dari pembantu sampai presiden.
Diantara fungsi majemuk alat komunikasi genggam jari yaitu media visual (fotografi digital) dan pengolahan foto sederhana (editor foto) yang sudah menyatu dengan perangkat tersebut. pemanfaatan media visual ini bagi pemakaiannya berkaitan dengan citra diri, dokumentasi, hal rekreatif dankreativitas. bisa dikatakan revolusi visual ini akan lebih bermanfaat dan berguna bila digunakan untuk hal-hal yangn positif, misalnya un tuk berkreasi (kreativitas). bagi pelajar atau siapa pun, media ini dapat di manfaatkan untuk peningkatan studi, misalnya di bidasng mata pelajaran biologi, studi lingkungan,jurnalistik, atau seni rupa dan desain atau untuk materi pelajaran lainnya.
penulis mengembangka fasilitas multmedia di HP ini berkaitan dengan fotografi digital, sebagai media komunkasi genggam jari yang biasanya diperlukan sebagai alat komunikasi dan sarana rekreatif juga bisa untuk mengasah kreativitas di bidang visual, dalam hal ini patchtografi desain atau desain dari fotografi. Sebearnya projek patchtografi (patchwork -- kain tambal -- dan fotografi, digabungkan menjadi patchtografi) ini sudah dikerjakan sekitar 10 tahun yang lalu, sewaktu dunia fotografi masih menggunakan media film atau seloid.
Sehubugan dengan prosesatau aplikasinyaagak lama dan memerlukan perangkat lain (komputer) dan biayanya lumayan. sekarang dengan HP --multimedia genggam jari --yang berfasilitas foto dan editor foto, perencanaan patchtografi desain ini dapat dikerjakan dalam suasana rekreatif dan berbiaya tidak mahal.
patchtografi desain penulis kembangkan untuk kebutuhan beragam. pola dasarnya dari memotret (foto), kemudian bisa di potong atau di-cropping, diperkecil, atau disusun berulang-ulang (repeat), dan divariasikan sesuai dengan rancangan nya atau desainnya.***

         yayat Irrayanto, penggagas komunitas pemotret genggam jari dan "patchtografi" desain. salah seorang pendesain ragam hias Mushaf Al Quran Mesjid Istiqlal, Indonesia.

0 comments on Mendesain dengan Multimedia Genggam Jari (HP) :

Post a Comment and Don't Spam!